Apa itu Plagiarisme atau Duplicate Content?

Artikel ini terakhir di perbaharui February 29, 2024 by Joe Handaya
Apa itu Plagiarisme atau Duplicate Content?

Plagiarsime atau duplicate content adalah hal yang sangat penting dan harus diperhatikan dalam sebuah artikel.sacoche ordinateur hugo boss cep compression sokker sacoche ordinateur hugo boss caperucita roja bebe sacoche ordinateur hugo boss cep compression sokker caperucita roja bebe askebeger for utendørs bruk caperucita roja bebe harvest frost skjorter männer hosen mit seitentaschen askebeger for utendørs bruk shock plateau schoenen cep compression sokker cep compression sokker Secara harafiah, plagiarisme meniru secara langsung keseluruhan konten karya orang lain dan menjadikannya seolah olah karya miliknya sendiri. Ini harus dihindari karena dapat merugikan website.

Mengapa Plagiarisme Penting?

Mengapa Plagiarisme Penting?

Dikutip dari channel youtube Google, paling tidak ada sekitar 30% konten yang duplikat pada tahun 2013 dan terus berkembang hingga saat ini karena kemudahan orang menemukan konten dan tinggal copy paste untuk memindahkannya ke website mereka. Ada beberapa dampak negatif dari plagiarisme ini, salah satunya adalah website Anda akan deindex dan tidak akan ditemukan di SERP (Search Engine Result Page).

Tidak hanya sampai disitu saja, nama brand Anda juga akan tercoreng akibat adanya permasalahan ini dan orang orang akan menganggap bahwa Anda bukan orang yang kompeten dalam bisnis Anda. Dengan adanya dampak yang sedemikian besar ini, ada baiknya Anda mulai memperhatikan permasalahan plagiarisme atau duplicate content ini.

Cara Mengecek Plagiarisme Konten

Ada beberapa cara untuk mengecek plagiarisme atau duplicate content, jadi Anda bisa mengecek terlebih dahulu tulisan yang akan Anda unggah ke website supaya terbebas dari plagiarisme.

Dupli Checker

duplichecker

Anda bisa melakukan pengecekan melalui website ini, Anda bisa memilih penggunaan pilihan bahasa yang sudah disediakan. Maksimal konten yang bisa Anda cek adalah 1000 kata, dan bisa Anda lakukan melalui form yang tersedia di website ini. Untuk dapat menggunakannya Anda bisa menuju langsung ke www.duplichecker.com

Small SEO Tools

Small SEO Tools

Tools ini sudah banyak digunakan untuk melakukan pengecekan terhadap tulisan yang akan dimuat ke website dengan tingkat akurasi yang cukup baik. Website ini juga sudah menyediakan plugin untuk wordpress, sehingga Anda yang memiliki website berbasis wordpress dapat menginstall tools ini di website. Untuk dapat menggunakannya Anda bisa menuju langsung ke www.smallseotools.com/plagiarism-checker

CopyScape

Copyscape

Ini adalah tools andalan yang sudah banyak digunakan dengan tingkat akurasi yang tinggi. Anda juga bisa menggunakan versi berbayarnya untuk mendapatkan hasil pengecekan plagiarisme yang jauh lebih detail lagi. Anda tinggal memasukkan URL website yang ingin Anda cek lalu website ini akan melakukan pengecekan secara menyeluruh. Untuk dapat menggunakannya Anda bisa menuju langsung ke www.copyscape.com

Nah demikian tadi cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk mengecek plagiarisme atau duplicate content pada website Anda. Anda harus menggunakan tools ini dengan sangat efektif supaya website Anda dapat terbebas dari plagiarisme dan meningkatkan daya saing brand Anda. Mana saja yang sudah Anda gunakan?

Yoko Widito
Seorang suami, ayah sekaligus petualang yang menghabiskan karir di berbagai media online nasional sebagai penulis yang menguasai berbagai macam niche dan menjadi superhero di dunia digital media.