3 Jenis Iklan PPC Yang Harus Anda Ketahui

Artikel ini terakhir di perbaharui September 9, 2020 by Yoko Widito
3 Jenis Iklan PPC Yang Harus Anda Ketahui

Salah satu model internet marketing yang banyak digunakan para pebisnis adalah PPC atau Pay Per Click. Dengan menggunakan iklan PPC, Anda dapat mengatur target Audience lebih detail lagi supaya lebih mudah ditemukan di mesin pencari. Selain itu Anda juga bisa mengatur sendiri berapa anggaran biaya untuk beriklan, sehingga iklan Anda jauh lebih hemat dan efisien.

Untuk bisa membuat iklan PPC, Anda bisa menggunakan Facebook Ads, Instagram Ads dan Google Ads. Penggunaannya bisa digunakan secara bersamaan atau bisa juga memilih salah satu saja yang efektif untuk target Audience bisnis Anda supaya anggaran biaya iklan tidak membebani. Supaya mudah untuk memutuskan mana yang akan digunakan, berikut ini adalah penjelasan dari masing masing platform iklan.

Google Ads

Contoh Iklan PPC Google Ads

Google Ads adalah layanan yang disediakan Google untuk memasang iklan di mesin pencari mereka. Tujuannya supaya Audience lebih mudah menemukan bisnis Anda berdasarkan kata kunci tertentu di mesin pencari. Anda bisa mendapatkan lebih banyak calon klien dengan menggunakan iklan PPC jenis Google Ads.

Data Global Stats Counter

Bedasarkan data yang dikeluarkan oleh Global Stats Counter, Google Ads memiliki pasar yang sangat besar di Indonesia mencapai 97.09 persen, sangat jauh dibandingkan pesaing nya Yahoo! yang hanya sebesar 1.65% dan Bing sebesar 0.83%.

Untuk menggunakan iklan PPC Google Ads, Anda bisa menuju halaman resmi Google Ads.

Facebook Ads

Contoh Iklan PPC Facebook Ads

Sebagai media sosial terbesar di dunia, Facebook memberikan jasa layanan iklan yang sangat efektif untuk menjangkau Audience dari penggunanya. Anda bisa membuat setting Audience berdasarkan gender, kesukaan mereka terhadap sesuatu, atau bahkan berdasarkan kebiasaan mereka saat membuka halaman halaman di Facebook.

Data-pengguna facebook 2018

Bedasarkan data yang dikeluarkan oleh Kata Data, Facebook Ads memiliki pasar yang sangat besar dan selalu meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2018 saja terdapat 2,2 Miliar pengguna Facebook di dunia.

Cara membuat iklan PPC di Facebook Ads ini sangat mudah, syarat utamanya adalah harus memiliki halaman Facebook sendiri lalu masuk ke halaman Facebook Ads untuk membuat iklan PPC Anda.

Instagram Ads

Contoh Iklan PPC Instagram Ads

Instagram saat ini sudah menjadi bagian dari Facebook. Anda bisa membuat iklan PPC Instagram Ads bersamaan dengan Facebook Ads ataupun mengiklannya sendiri, semua Anda pilih tergantung dimana Audience Anda berada. Semua bisa Anda cek terlebih dahulu di insight masing masing platform sehingga bisa menentukan dimana iklan PPC Anda lebih efektif digunakan.

Data pengguna instagram 2019

Bedasarkan data yang dikeluarkan oleh Napoleon Cat, Instagram Ads memiliki pasar yang sangat besar dan selalu meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2019 saja terdapat 62 Juta pengguna Instagram di dunia.

Cara membuat iklan PPC di Instagram Ads ini sangat mudah, syarat utamanya adalah harus memiliki halaman Facebook sendiri sebelum menjalankan Instagram Ads. Selanjutnya Anda bisa melakukan pendaftaran di Facebook Manager.

Nah, cukup mudah bukan menggunakan Google Ads, Facebook Ads dan Instagram Ads dalam beriklan PPC. Anda sudah menggunakan platform yang mana saja?

Yoko Widito
Seorang suami, ayah sekaligus petualang yang menghabiskan karir di berbagai media online nasional sebagai penulis yang menguasai berbagai macam niche dan menjadi superhero di dunia digital media.