Cara Menentukan Color Palette Pada Website

Artikel ini terakhir di perbaharui October 15, 2020 by Yoko Widito
Cara Menentukan Color Palette Pada Website

Warna adalah hal yang paling menentukan dalam membuat website, karena ini sangat mempengaruhi kenyamanan dan memberikan kesan yang baik ke pengguna. Untuk membuat sebuah paduan warna yang menarik, para web desain membuat sebuah color palette (perpaduan warna).

Dalam pembuatannya, sah sah saja menggabungkan lebih dari satu warna supaya bisa mendapatkan color palette yang menarik. Nah untuk bisa menentukannya ada beberapa tips yang harus Anda ketahui.

Color Theory

Anda bisa mempelajari color theori untuk mendapatkan warna yang menarik dan nyaman di mata. Warna yang seimbang dan selaras di sebuah website bisa membuat orang betah berlama lama melihat berbagai hal yang ada pada website tersebut.

Dalam color theory, Anda bisa menggunakan tiga skema warna

Warna Analogous

Paduan warna ini memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi dalam mix and match nya karena warna ini akan memberikan karakter yang kuat pada website tersebut. Untuk Anda yang ingin memberikan kesan colorfull pada website Anda bisa menggunakan skema warna ini.

Warna Monochrome

Dibandingkan dengan Analogous, Monochrome adalah skema warna yang memiliki tingkat kesulitan paling rendah dalam mix and match nya. Warna warna dalam skema ini sifatnya general dan sangat mudah untuk dipadu padankan dengan warna lain. Dengan kata lain skema warna ini adalah yang paling aman untuk digunakan

Warna Complementary

Skema warna ini bisa dibilang berada di tengah tengah antara Analogous dan Monochrome. Tingkat warna yang ada pada skema ini cukup beragam namun tidan bising di mata, sehingga dapat menyatukan warna untuk memberikan harmoni baru saat melihat.

Nah untuk melihat color theory, Anda bisa melihat gambar dibawah ini.

Color Mixing Scheme Poster
Color mixing wheels meanings properties tones combinations with explanations and circle schemes set infographic poster vector illustration

Psychoclogy of Color

Kalau dalam color theory memberikan anda edukasi bagaimana mix and match nya, maka dalam psychology of color akan memberikan kesan atau reaksi saat orang melihat website Anda. Contoh sederhananya adalah kuning yang memberikan kesan ceria, optimis, bahagia dan enerjik. Untuk memberikan kesan santai, fresh dan nyaman, bisa digunakan warna hijau dalam website Anda.

Nah untuk melihat apa saja psycholgy of color, Anda bisa melihat gambar dibawah ini.

psikologi warna

Karakteristik

Karakteristik warna akan menciptakan sebuah color branding yang sangat berguna meningkatkan brand awareness. Dengan menggunakan warna, Anda bisa membuat orang orang mudah mengingat bisnis Anda. Seperti contoh warna kuning yang identik dengan McDonalds ataupun merah yang identik dengan KFC.

Untuk mendapatkan karakteristik yang kuat, Anda harus benar benar mempelajari dua poin sebelumnya yaitu color theory dan psycholgy of color.

Paduan Warna

Paduan warna yang tepat akan menambah kekuatan sebuah website. Anda bisa menggunakan beberapa warna pada elemen elemen Anda untuk memberikan kesan yang berbeda. Seperti misalnya Anda menggunakan warna warna yang berbeda untuk header, footer, background ataupun CTA.

Tujuannya adalah supaya orang saat melihat website Anda bisa merasakan perbedaan penegasan hal hal yang ingin disampaikan.

Jadi, dengan memberikan aksen warna yang kuat akan memberikan karakteristik dan kekuatan tersendiri pada website Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah melakukan mix and match pada warna warna yang serasi antara website dan bisnis Anda.

Yoko Widito
Seorang suami, ayah sekaligus petualang yang menghabiskan karir di berbagai media online nasional sebagai penulis yang menguasai berbagai macam niche dan menjadi superhero di dunia digital media.