Naver dan Sea Mendukung Pendanaan Baru di Vietnam

Artikel ini terakhir di perbaharui September 9, 2020 by Yoko Widito
Naver dan Sea Mendukung Pendanaan Baru di Vietnam

Veteran industri dari perusahaan VC CyberAgent Capital dan ESP Capital baru baru ini mendirikan Do Ventures yang berfokus pada pendanaan baru di Vietnam untuk mencari peluang tahap awal di negara tersebut.

Perusahaan baru ini mengumumkan penutupan pertama dari Do Ventures Fund I dengan lebih dari setengah target mereka sebesar US $ 50 juta. Investornya antara lain Naver, Sea, Vertex Holdings, dan Woowa Brothers.

Do Ventures didirikan bersama oleh Manh Dung Nguyen dan Vy Hoang Uyen Le, mereka berdua mundur dari CyberAgent dan ESP, untuk fokus di Do Ventures. Keduanya membawa pengalaman investasi selama 15 tahun dan lebih dari 20 tahun keahlian operasi yang relevan.

Memanfaatkan demografi Vietnam yang menguntungkan, Do Ventures ingin berinvestasi di perusahaan dengan memanfaatkan kelas menengah yang tumbuh pesat di negara itu dan pertumbuhan populasi anak muda yang sangat besar. Perusahaan juga mengatakan bahwa lingkungan ini adalah peluang yang sangat ideal untuk pendanaan tahap awal di Vietnam.

Ada dua jenis perusahaan yang akan diberikan bantuan pendanaan dari Do Ventures

Pertama mencakup platform B2C yang melengkapi ekosistem layanan, seperti pendidikan dan perawatan kesehatan, untuk memanfaatkan perubahan perilaku pelanggan setelah Covid-19. Yang kedua melibatkan platform B2B berskala regional yang bersinergi dengan perusahaan portofolio tingkat pertama Do Ventures.

Perusahaan mengatakan akan mengalokasikan hingga US $ 5 juta untuk startup yang berkinerja baik.

Menurut pernyataan perusahaan, jumlah modal yang diinvestasikan dan jumlah kesepakatan teknologi yang dilakukan di Vietnam telah mengalami pertumbuhan hingga enam kali lipat sejak 2017 hingga 2019. Do Ventures mengatakan hal itu bertujuan untuk membantu mengisi celah yang diciptakan oleh tidak adanya organisasi yang aktif saat ini.

“Pasar konsumsi Vietnam berada pada titik kritisnya dan siap ditangkap oleh perusahaan teknologi dengan produk inovatif. Kami sangat antusias dengan kesempatan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal pada situasi yang sangat penting ini, ”kata Nguyen.

Do Ventures mengatakan akan berinvestasi pada startup di tahap pertama hingga tahap kedua. VC CyberAgent Capital bertujuan untuk memimpin investasi tahap pertama, dengan ukuran cek rata-rata US$ 500.000, dan meningkatkan keberhasilan portofolio perusahaan setelah adanya investasi tahap pertama.

Yoko Widito
Seorang suami, ayah sekaligus petualang yang menghabiskan karir di berbagai media online nasional sebagai penulis yang menguasai berbagai macam niche dan menjadi superhero di dunia digital media.