TikTok Akan Mendirikan Kantor Baru di Amerika

Artikel ini terakhir di perbaharui October 12, 2020 by Yahya Kus Handoyo
TikTok Akan Mendirikan Kantor Baru di Amerika

ByteDance akan menempatkan bisnis global TikTok di perusahaan baru yang bermarkas di Amerika dengan investor Oracle sebagai pemegang saham minoritas, rencana ini menguat setelah Donald Trump memberikan lampu hijau untuk aplikasi ini.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan dalam sebuah wawancara dengan CNBC bahwa TikTok telah berkomitmen untuk mendirikan kantor pusat di Amerika.

Entitas baru akan beroperasi dan dikelola secara independen oleh ByteDance yang berbasis di Beijing, kata laporan itu, mengutip orang-orang yang mengetahui masalah tersebut. Oracle akan memproses data TikTok di Amerika dan kemungkinan besar negara lain akan mengikuti.

ByteDance ditetapkan untuk menjadi pemegang saham mayoritas di entitas Amerika yang baru. Oracle juga akan memiliki saham di TikTok secara keseluruhan. Investor AS lainnya yang termasuk dalam rencana ini adalah raksasa ritel Walmart. Mereka juga memiliki saham minoritas di perusahaan baru yang berbasis di Amerika.

Rencana ini mulai berkembang setelah Oracle dilaporkan memenangkan tender untuk operasi TikTok di AS dengan mengalahkan raksasa teknologi Microsoft dalam prosesnya. ByteDance mengatakan Oracle akan menjadi “mitra teknologi”, tetapi tidak mengungkapkan informasi lebih lanjut tentang kemitraan kedua perusahaan tersebut.

Yoko Widito
Seorang suami, ayah sekaligus petualang yang menghabiskan karir di berbagai media online nasional sebagai penulis yang menguasai berbagai macam niche dan menjadi superhero di dunia digital media.