Wee Digital Dapat Pendanaan dari VinaCapital dan InterVest

Artikel ini terakhir di perbaharui September 17, 2020 by Yahya Kus Handoyo
Wee Digital Dapat Pendanaan dari VinaCapital dan InterVest

Startup fintech yang berbasis di Vietnam, Wee Digital, mengumumkan telah mendapakan pendanaan dari InterVest dan VinaCapital Ventures dengan nominal 7 digit. Dana segar ini akan digunakan untuk memperluas pasar, pengembangan produk dan layanan jasa keuangan di Vietnam.

Wee Digital menjadi pusat perhatian setelah mengembangkan teknologi biometrik selangkah lebih tinggi di dunia keuangan. Perusahan start up ini berpusat di Ho Chi Minh, Wee Digital menyediakan layanan jasa keuangan dengan teknologi keamanan biometrik dan analitik data mendalam berbasis AI. Perusahaan ini berfokus pada pengenalan wajah, menggunakan teknologi untuk membantu klien perbankan mengakses layanan keuangan tanpa menggunakan kata sandi.

Chief Financial Officer startup, Daniel Nguyen, mengatakan bahwa penerapan teknologi ini menjadi solusi perbankan digital dengan meningkatkan keamanan setiap transaksi

“Ambisi Wee Digital adalah mengubah perilaku transaksi mikro Vietnam, menggerakkan Vietnam menuju masyarakat tanpa uang tunai di mana identitas digital dapat memverifikasi dan mengautentikasi transaksi,”

Apa saja peluang dan tantangannya? Laporan Biometrics Research Group memperkirakan pendapatan teknologi biometrik yang disematkan ke sektor perbankan global pada tahun 2016 mencapai US $ 2,2 miliar. Harapannya pasar akan mencatat tingkat pertumbuhan tahunan gabungan lebih dari 50% dari 2016 hingga 2020.

Perusahaan riset itu juga memproyeksikan bahwa pada tahun ini, pasar biometrik keuangan akan menyumbang hampir sepertiga dari total pendapatan pasar biometrik secara global.

Menurut Nguyen, perbankan digital telah menjadi hal penting bagi para pengusaha dengan lalu lintas transaksi yang besar. Teknologi dari Wee Digital menjadi jawaban untuk permintaan yang sangat tinggi ini, terutama di tengah pandemi Covid-19.

“Selama social distancing, perbankan semakin menyadari pentingnya mendigitalkan semua layanan perbankan, terutama e-KYC,”

Teknologi Wee Digital adalah ide yang sangat bagus di dunia yang penuh kemajuan teknologi ini, namun untuk penerapan ke dalam infrastruktur perbankan inti membutuhkan waktu dan banyak upaya dari penyedia layanan dan bank.

Apa rencana masa depannya? Selama beberapa bulan mendatang, Wee Digital mengatakan bertujuan untuk fokus pada kemitraan dengan klien perbankan, membantu mereka mengintegrasikan solusi biometrik ke berbagai layanan perbankan mereka.

Perusahaan ini dulu pernah bermitra dengan bank seperti ABBank dan VietinBank. Sebelumnya juga sudah pernah menandatangani kesepakatan dengan konglomerat Vietnam Vingroup untuk mengintegrasikan teknologinya ke dalam operasi beberapa resor Vinpearl.

Yoko Widito
Seorang suami, ayah sekaligus petualang yang menghabiskan karir di berbagai media online nasional sebagai penulis yang menguasai berbagai macam niche dan menjadi superhero di dunia digital media.