8 Jenis Strategi Marketing Paling Efektif

Artikel ini terakhir di perbaharui September 9, 2020 by Yoko Widito
8 Jenis Strategi Marketing Paling Efektif

Dalam dunia pemasaran ada berbagai jenis strategi marketing dengan keunggulannya masing masing, Anda hanya perlu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan masing masing strategi supaya bisa lebih efektif saat digunakan.

Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan saat memilih mana strategi pemasaran yang paling efektif digunakan. Ada produk yang efektif dipromosikan dengan cara digital namun disisi lain ada juga yang lebih efektif saat menggunakan cara konvensional.

Untuk memudahkan Anda mempelajari apa saja yang harus digunakan saat melakukan kegiatan pemasaran, berikut ini adalah beberapa jenis strategi pemasaran yang paling umum digunakan.

Iklan Berbayar

Strategi Marketing Iklan Berbayar

Perusahaan yang ingin memasang iklan akan membayar penyedia ruang iklan supaya iklan produknya bisa tampil di ruang iklannya. Penyedia ruang iklan biasanya sudah mematok harga tertentu, namun biasanya mereka masih membuka ruang negoisasi dengan marketer.

Ada beberapa kategori dalam iklan berbayar, yaitu banner atau iklan display, pay-per-click (PPC) atau pay-per-impression (PPI). Perusahaan pemasang iklan akan mendapatkan keuntungan branding ke audiens dalam skala yang luas.

Pemasaran Transaksional

Pemasaran Transaksional

Target penjualan adalah tantangan teberat yang dihadapi semua perusahaan. Untuk mengatasinya, perusahaan menggunakan strategi pemasaran transaksional untuk menarik minat konsumen.

Perusahaan akan membuat berbagai diskon, promosi ataupun pembuatan kupon belanja dan berbagai event besar. Dengan strategi ini perusahaan akan mendapatkan perhatian konsumen yang berujung ke meningkatnya pembelian.

Pemasaran Media Sosial

Strategi Marketing Pemasaran Media Sosial

Data menyebuatkan saat ini terdapat lebih dari 2,8 Milliar pengguna aktif media sosial. Strategi pemasaran melalui media sosial ini cukup efektif saat digunakan karena dapat menghemat biaya pemasaran dan juga mudah digunakan karena dapat menyasar target lebih banyak.

Perusahaan yang menggunakan strategi ini akan fokus pada penggunaan aplikasi social media seperti Instagram, Facebook dan sejenisnya. Keunggulan lainnya dari strategi Social Media Marketing ini adalah dapat membangun brand lebih cepat.

Pemasaran Interaktif

Pemasaran Interaktif

Dalam strategi ini biasanya akan melibatkan konsumen untuk berpartisipasi dalam sebuah proses pemasaran. Sebagai contohnya dalam sebuah produk edisi terbatas, nama konsumen ataupun kustomisasi lainnya dapat dicantumkan oleh pihak perusahaan.

Dengan menggunakan strategi pemasaran interaktif ini konsumen akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi terbaru terkait sebuah layanan ataupun produk. Dampaknya permintaan layanan atau produk dari konsumen akan meningkat secara efektif.

Pemasaran Konten

Pemasaran Konten

Strategi pemasaran konten ini sangat efektif untuk menciptakan dan mendistribusikan konten yang relevan dan menarik secara konsisten untuk menarik konsumen.

Menariknya, disini perusahaan tidak memberikan penawaran secara langsung ke konsumen. Namun perusahaan justru memberikan berbagai informasi menarik yang dibutuhkan konsumen supaya minat terhadap produk semakin meningkat.

Strategi ini dapat digunakan oleh perusahaan skala besar ataupun kecil. Untuk menjalankan strategi ini, perusahaan harus dapat membuat konten yang berkualitas.

Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO)

SEO bertujuan untuk mendapatkan traffic dari pencarian organik melalui search engine. SEO dan pemasaran konten sangat erat kaitannya, bahkan bisa dikatakan SEO sangat berpengaruh ke kualitas sebuah konten.

Konten dengan kualitas SEO yang bagus dapat meningkatkan brand awareness yang berdampak naiknya jumlah konsumen.

Telemarketing

Strategi Marketing Telemarketing

Telemarketing adalah strategi pemasaran yang sudah sangat umum digunakan. Untuk beberapa perusahaan strategi ini masih dianggap sangat efektif. Biasanya tenaga penjual akan melakukn sambungan telepon ataupun web conference untuk melakukan penawaran produk secara langsung ke pelanggan.

Perusahaan yang masih menggunakan strategi pemasaran seperti ini adalah perusahaan yang berbasis marketing seperti penawaran kartu kredit, asuransi ataupun provider telekomunikasi yang melakukan penawaran kartu pasca bayar.

Email Marketing

Strategi Marketing Email Marketing

Disini marketer akan melakukan pemasaran melalui pengiriman email marketing yang berisikan penawaran dari perusahaan ke audience yang menjadi sasaran ataupun ke pelanggan.

Ada beberapa strategi yang harus dilakukan saat menggunakan strategi pemasaran jenis ini, supaya email yang dikirimkan terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan seperti tidak dibuka, masuk ke spam atau bahkan bisa jadi email yang dikirim langsung dihapus.

Strategi pemasaran yang tepat akan sangat berguna untuk meningkatkan proses promosi layanan ataupun produk dari satu perusahaan. Selain itu perusahaan juga dapat semakin meningkatkan efektifitas pemasaran untuk meningkatna pertumbuhan bisnis mereka.

Dalam menjalankan pemasaran, perusahaan bisa menggunakan beberapa jenis strategi pemasaran yang sudah disebutkan diatas supaya dapat berjalan sinergis dan saling mendukung satu sama lain, sehingga brand awareness akan semakin meningkat dan semakin menguntungkan perusahaan.

Yoko Widito
Seorang suami, ayah sekaligus petualang yang menghabiskan karir di berbagai media online nasional sebagai penulis yang menguasai berbagai macam niche dan menjadi superhero di dunia digital media.