Startup di India Berselisih dengan Google Play Store

Artikel ini terakhir di perbaharui October 12, 2020 by Yahya Kus Handoyo
Startup di India Berselisih dengan Google Play Store

Lusinan startup dan perusahaan top asal India sedang membentuk koalisi untuk membentuk aliansi akibat berselisih dengan Google Play Store dan untuk mengurangi ketergantungan mereka pada Google

Salah satu pendiri dan CEO Paytm Vijay Shekhar Sharma, MakeMyTrip’s Deep Kalra, dan eksekutif dari PolicyBazaar, Sharechat, dan beberapa perusahaan lain dilaporkan termasuk dalam pembicaraan tersebut.

Koalisi tersebut bermaksud untuk mengatasi kekhawatiran yang berkembang tentang cengkeraman “monopoli” Google di lanskap aplikasi seluler India dan implementasi yang tidak konsisten dari pedoman Play Store raksasa teknologi tersebut. Menurut laporan tersebut, Google menguasai sekitar 99% pasar smartphone di India.

Pembicaraan antara pengusaha dimulai hanya beberapa minggu yang lalu dan mulai diintensifkan pada hari Selasa ketika Google mengumumkan bahwa pengembang di pasar aplikasi Play Store harus menyerahkan potongan hingga 30% dari beberapa transaksi pengguna terkait aplikasi.

Awal tahun ini, Google menghapus sementara aplikasi Paytm dari pasar aplikasinya, dengan alasan pelanggaran berulang perusahaan tekfin terhadap kebijakan Play Store.

Ini adalah masalah ekosistem aplikasi India. Begitu banyak pendiri mengalami kesulitan membangun bisnis digital karena adanya permasalahan ini. Mereka beranggapan bianis bukan tergantung tangan orang lain.

Yoko Widito
Seorang suami, ayah sekaligus petualang yang menghabiskan karir di berbagai media online nasional sebagai penulis yang menguasai berbagai macam niche dan menjadi superhero di dunia digital media.