Targeting keyword atau kata kunci pada artikel mempermudah proses pencarian website di mesin pencarian. Pengaruhnya adalah terhadal kualitas SEO secara keseluruhan. Jadi walaupun Anda sudah menggunakan jasa SEO, Anda tetap mengetahui kinerja SEO supaya target marketnya sesuai dengan yang diinginkan. Yang akan kita bahas disini adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum membuat sebuah artikel.
Google Keyword Planner
Untuk menentukan kata kunci, Anda bisa memanfaatkan tools yang sudah disediakan Google yaitu Google Keyword Planner. Pencariannya didasarkan pada seberapa sering orang mencari topik tersebut
Cara Menggunakan keyword planner
Masukkan kata kunci
Anda bisa memasukkan ide topik untuk mendapatkan kata kunci yang Anda targetkan. Selanjutnya Google Keyword Planner akan menampilkan seberapa banyak topik tersebut dicari setiap bulannya. Anda juga bisa mengatur jumlah pencariannya dari waktu yang sudah Anda tentukan, seperti misalnya last 7 days, last month atau bahkan last 12 months
Analisa hasilnya
Anda dapat membandingkan antara satu kata kunci dengan yang lainnya berdasar pada rata rata jumlah pencarian tiap bulan. Sebagai contoh, Anda membandingkan antara “belajar SEO” dan “tips SEO”. Dari hasil analisa, Anda bisa menyimpulkan kalau “belajar SEO” lebih banyak dicari dibandingkan dengan “tips SEO”. Nah sekarang Anda sudah bisa menentukan mana yang akan Anda pakai kan?
KWFinder
Tools ini hampir sama penggunaannya dengan Google Keyword Planner dalam pencariannya. Ada versi berbayar dan versi gratis saat menggunakan tools ini pertama kali, perbedaanya adalah pada fiturnya. KWFinder versi gratisan fiturnya sangat terbatas dibandingkan yang berbayar, kalau ingin menggunakan secara lengkap Anda bisa upgrade akun anda ke versi premium.
Cara menggunakan KWFinder
Masukkan kata kunci
Sama seperti sebelumnya, Anda bisa mendapatkan kata kunci yang Anda targetkan berdasarkan ide yang Anda miliki. Selanjutnya KWFinder akan memberikan rekomendasi beserta angka rata rata pencarian setiap bulannya.
Analisa hasilnya
Sama seperti Google Keyword Planner, Anda bisa menyimpulkan mana topik yang lebih banyak dicari dan selanjutnya dapat digunakan dalam artikel Anda.
Google Suggest
Anda memiliki satu topik tertentu tapi masih bingung untuk mencari varian lain yang related? Anda bisa menggunakan google suggest untuk keperluan ini. Caranya sangat mudah sekali, Anda tinggal masukkan kata kunci utama pada kotak pencarian Google, dan selanjutnya Google akan memberikan beberapa suggest yang related dan sering dicari oleh para pengguna Google lainnya. Nah hasil dari google suggest ini kemudian dapat Anda gunakan sebagai pegangan Anda dalam membuat artikel.
Nah cukup simpel dan mudah bukan cara mencari kata kunci? Dengan menggunakan cara diatas, Anda bisa memperkuat SEO pada website Anda dengan baik. Mana saja tools yang sering Anda gunakan? Atau Anda punya cara lain dalam pencariannya? Bagikan pengalaman Anda di kolom komentar ya!