Ayala Menutup Dana Venture Capital Sebesar $ 180 juta

Artikel ini terakhir di perbaharui October 12, 2020 by Yahya Kus Handoyo
Ayala Menutup Dana Venture Capital Sebesar $ 180 juta

Perusahaan konglomerat yang terdaftar di Filipina, Ayala Corporation telah menutup dana modal ventura global barunya sebesar US $ 180 juta, menjadikannya dana VC terbesar yang berasal dari Asia Tenggara.

Active Fund, merupakan kependekan dari “Ayala Corporation Technology Innovation Venture,” digerakkan oleh Ayala bersama dengan anak perusahaannya AC Energy, AC Industrials, AC Ventures, dan Bank of the Philippine Islands, serta pemain telekomunikasi utama Globe Telecom juga berpartisipasi di dalamnya.

Jumlah yang terkumpul saat ini melebihi target awal perusahaan sebesar US $ 150 juta, yang diumumkan oleh ketua Ayala Jaime Augusto Zobel de Ayala saat peluncuran dana tahun lalu.

Active Fund berencana untuk menyuntikkan dana investasi antara US $ 2 juta hingga US $ 10 juta ke dalam startup global dalam tahap seri A hingga seri D, dengan fokus pada peluang fintech, e-niaga, teknologi konstruksi, dan proptech. Active Fund juga berencana untuk mencari perusahaan yang bertujuan untuk memecahkan masalah kota perkotaan yang lazim di negara berkembang Asia.

Dana tersebut akan dikelola oleh Kickstart Ventures, anak perusahaan Globe Telecom. Kickstart adalah investor utama di Coins.ph, perusahaan fintech lokal yang diakuisisi oleh Gojek pada awal 2019.

Yoko Widito
Seorang suami, ayah sekaligus petualang yang menghabiskan karir di berbagai media online nasional sebagai penulis yang menguasai berbagai macam niche dan menjadi superhero di dunia digital media.