Gojek Sedang Mempersiapkan Fitur GoStore?

Artikel ini terakhir di perbaharui October 26, 2020 by Yoko Widito
Gojek Sedang Mempersiapkan Fitur GoStore?

Gojek saat ini dikabarkan sedang mempersiapkan GoStore yang merupakan produk baru mereka. Kabar menyebutkan produk baru ini dipersiapkan bersama Moka, startup yang sedang mengembangkan aplikasi sistem kasir digital. Gojek telah mengakuisisi Moka pada awal 2020 kemarin, dan kabar mengenai GoStore ini sempat tayang pada halaman web Moka. Namun saat ini informasi seputar GoStore ini sudah tidak dapat ditemukan.

Namun jejak digital mengenai GoStore masih bisa ditemui melalui tautan berikut. Dalam halaman bantuan tersebut tertera jelas mengenai apa itu GoStore, benefit dan juga logonya.

Melalui informasi tersebut, bisa diketahui kalau Gojek mempersiapkan GoStore sebagai platform etalase online baru yang memungkinkan merchant berjualan dan bertransaksi di media sosial untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Strategi terbaru Gojek ini disambut baik oleh banyak pihak, walaupun belum ada kepastian tanggal rilisnya.

“Dengan GoStore, Anda hanya perlu mengatur katalog melalui Moka dan mensikronkannya ke situs web dan berbagai media sosial Anda sendiri,”

Ada berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan, mulai dari menghubungkan website ke GoStore, pilihan pembayaran menggunakan debit atau kredit dan bisa juga menggunakan GoPay hingga pengiriman dengan menggunakan GoSend. Seperti yang sudah diketahui sekarang GoSend juga sudah melayani pengiriman ke luar kota.

Namun hingga berita ini ditayangkan, pihak Gojek ataupun Moka belum memberikan konfirmasi terkait dengan hal ini, seperti yang dilansir dari Kompas.

Besar kemungkinan GoStore akan menjadi tahap awal integrasi antara Gojek dan Moka setelah proses akuisisinya. Keduanya akan menggabungkan beberapa layanan penting untuk GoStore seperti sistem pembayaran, pengantaran dan sistem Point of Sales. Layanan ini sangat penting untuk UMKM yang ingin migrasi ke Online dan memperkecil jarak antara platform online dan offline.

Proses akuisisi ini tetap akan menempatkan Moka sebagai sebuah entitas mandiri namun tetap terintegrasi dengan semua ekosistem merchant Gojek seperti GoBiz, sebuah SuperApp yang menaungi lebih dari 500.000 merchant di Indonesia yang menggunakan GoPay dan GoFood di seluruh Indonesia. Sementara Moka mengklaim kalau mereka memiliki lebih dari 40.000 mitra di 200 kota di Indonesia.

Layanan utama Moka adalah perangkat Point of Sales, sistem pembayaran dan pembukuan sampai dengan pengadaan bahan baku dan pinjaman modal usaha. Selain itu mereka juga memiliki layanan lain seperti Midtrans yang merupakan penyedia layanan pembayaran online dan Spots yang merupakan penyedia layanan pemabayaran offline dan sistem Point of Sales.

Yoko Widito
Seorang suami, ayah sekaligus petualang yang menghabiskan karir di berbagai media online nasional sebagai penulis yang menguasai berbagai macam niche dan menjadi superhero di dunia digital media.