Kim An Group Mendapatkan Pendanaan dari East Ventures

Artikel ini terakhir di perbaharui September 17, 2020 by Yoko Widito
Kim An Group Mendapatkan Pendanaan dari East Ventures

Perusahaan fintech yang berbasis di Vietnam, Kim An Group mengumumkan bahwa mereka akan menerima sejumlah pendanaan yang jumlahnya tidak diungkapkan dari Patamar Capital, Viet Capital Ventures, dan East Ventures.

Pendanaan ini rencananya akan digunakan untuk mengembangkan sistem teknologi lebih lanjut. Sehingga perusahaan ini bisa dapat memproses data, mengoptimalkan platform penilaian kreditnya, dan menghubungkan pelanggan jauh lebih baik dari sebelumnya.

Tidak hanya itu saja, dengan adanya pendanaan ini mereka juga akan menandatangani perjanjian kemitraan dengan lembaga kredit untuk mengembangkan pinjaman konsumen untuk individu, bisnis rumah tangga, dan usaha mikro, termasuk juga perusaahn besar seperti Nam A Commercial Joint Stock Bank, Ho Chi Minh City Development Joint Stock Commercial Bank, dan FE Credit, sebuah perusahaan keuangan yang berada di bawah Vietnam Prosperity Joint Stock Commercial Bank.

Saat ini ada 5,6 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Vietnam yang mendapatkan pelayanan yang baik oleh lembaga keuangan. Segmen ini agak sulit untuk dilayani dengan baik karena rendahnya ukuran tiket, struktur biaya tinggi, dan anggapan risiko yang cukup tinggi.

Apa yang sudah berhasil dipecahkan? Kim An Group bertujuan untuk menjembatani kesenjangan ini dengan menyediakan platform yang lebih ramah dan memungkinkan lembaga keuangan menjalankan proses kredit otomatis serta menyediakan produk yang disesuaikan dengan kebutuhan UMKM.

Apa saja tantangannya? CEO Kim An Group mengatakan penciptaan integrasi yang baik untuk bisa bekerja dengan lembaga keuangan supaya bisa memberikan pengalaman pelanggan terbaik adalah salah satu tantangan utama yang harus diatasi dengan baik. Tidak hanya itu saja, perusahaan akan berinvestasi dalam membangun tim dan kultur untuk melayani pelanggan dengan lebih baik.

Apa saja kesempatannya? Menurut situs web perusahaan, UMKM menyumbang 98% dari total jumlah perusahaan dan 40% dari produk domestik bruto Vietnam, serta mempekerjakan 50% dari tenaga kerjanya

Saat ini pasar kredit UMKM di Vietnam bernilai sekitar US $ 3,5 miliar dan memiliki pertumbuhan yang sangat baik dengan laju tahunan 2 digit.

Berapa banyak daya tarik yang didapatnya? Kim An Group mengatakan telah memproses lebih dari 25.000 pinjaman dalam dua tahun. Saat ini perusahaan memiliki lebih dari 5.000 pelanggan, dan portofolionya bertumbuh dua digit dari bulan ke bulan.

Siapa anggota tim? Didirikan pada tahun 2013 oleh Thao Tracy Phan, memiliki tim manajemen perusahaan secara kolektif dengan pengalaman lebih dari 15 tahun di bidang perbankan dan keuangan di Asia Tenggara.

Sebelum mendirikan perusahaan, Phan pernah bekerja sebagai konsultan di perusahaan konsultan manajemen McKinsey & Company selama dua tahun.

Yoko Widito
Seorang suami, ayah sekaligus petualang yang menghabiskan karir di berbagai media online nasional sebagai penulis yang menguasai berbagai macam niche dan menjadi superhero di dunia digital media.