Kiat Merencanakan dan Menyampaikan Presentasi Bisnis

Artikel ini terakhir di perbaharui December 27, 2020 by Rinaldi Syahran
Kiat Merencanakan dan Menyampaikan Presentasi Bisnis

Dalam dunia bisnis presentasi adalah hal yang biasa dilakukan, namun tidak semua dapat dengan mudah melakukan itu. Bagi sebagian orang presentasi merupakan prosedur pekerjaan yang sangat menakutkan, namun presentasi menjadi suatu kewajiban ketika Anda akan memperkenalkan merek, apalagi Anda bekerja sebagai marketing presentasi merupakan kemampuan wajib yang harus Anda miliki.  Pernahkah Anda berpikir jika seorang pembicara yang handal berawal dari presentasi dihadapan atasan dan rekan kerja? Itu adalah pemikiran yang benar. karena dengan Anda presentasi , Anda dapat mengembangkan keterampilan dan keberanian.

Ingin mengetahui bagaimana caranya merencanakan dan menyampaikan presentasi bisnis dengan baik? Baca tipsnya berikut ini.

Perencanaan

Setiap presentasi yang berkualitas membutuhkan perencanaan yang mendalam. Inilah cara melakukannya.

Kenali audiens Anda

presentasi bisnis Kenali-audiens-Anda

Sebelum merencanakan presentasi Anda, pastikan Anda mengenal audiens Anda. dengan begitu Anda memahami minat dan kebutuhan mereka, dan apa yang dapat Anda tawarkan kepada mereka. Cara yang baik untuk melakukan ini adalah mengidentifikasi masalah yang mungkin mereka miliki dan menemukan cara untuk membantu mereka. Jika Anda memahami audiens Anda dengan sangat baik  sudah dipastikan Anda akan fokus membantu mereka memecahkan masalah yang dihadapi.

Jika Anda mengenal audiens Anda, Anda juga dapat mengantisipasi pertanyaan atau masalah yang mungkin mereka miliki dan itu semua harus terjawab dalam presentasi Anda. Ini akan membuktikan bahwa Anda telah melakukan penelitian dan profesional yang kredibel di bidang Anda.

Pahami materi Anda

Pahami-materi-Anda

Jangan hanya mempelajari atau menghafal poin-poin, pahamilah secara menyeluruh sehingga Anda dapat berbicara tanpa bantuan catatan atau slide. Anda tidak hanya akan lebih siap untuk salah langkah atau menindaklanjuti pertanyaan, tetapi Anda akan merasa lebih percaya diri dan mampu melakukannya. Jangan menyimpan isi materi secara utuh karena Anda akan rentan melakukan kegagalan akibat kecemasan karena lupa dengan isi materinya.

Latihan

Latihan presentasi bisnis

Jika Anda akan berbicara dengan orang-orang di industri tertentu, mereka mungkin akan memahami diksi yang lebih kompleks terkait dengan bidang tersebut. Namun, jika Anda mempresentasikan pada kelompok yang tidak memiliki pengalaman dalam topik diskusi, Anda harus merencanakan untuk menghindari terminologi khusus, memahami poin-poin apa yang perlu Anda jelaskan secara lebih mendalam.

Latih presentasi yang telah Anda siapkan di depan seorang anak untuk melihat apakah mereka mengerti apa yang Anda jelaskan. Tentu, Anda ingin terdengar profesional dalam presentasi, tetapi materi yang disampaikan harus sederhana bagi siapa pun dengan tingkat pengalaman apa pun, untuk mengetahui materi yang Anda sampaikan dimengerti atau tidak.

Cara peyampaian

Jangan biarkan Anda terintimidasi

Jangan-biarkan-Anda-terintimidasi

Jangan biarkan audiens mengintimidasi Anda. Anda memberi mereka wawasan berharga yang kemungkinan besar mereka akan tertarik untuk belajar. Jadilah percaya diri dan profesional, dan sampaikan pesan Anda tanpa khawatir dihakimi atau diejek.

Meskipun mudah untuk menganggap audiens sebagai massa raksasa, menakutkan, pada kenyataannya, audiens ingin Anda melakukan sebaik yang Anda lakukan. Apakah Anda berbicara dengan 10 orang atau 10.000, mereka ingin Anda berhasil, dan mereka mendukung Anda. Berbicaralah kepada mereka seolah-olah mereka orang yang baik yang ingin melihat Anda sukses, dan memberikan mereka keuntungan bukan keraguan.

Jika seseorang tampaknya tidak ingin mendengarkan, jangan tersinggung atau menganggap Anda melakukan sesuatu yang salah. Anda tidak pernah tahu apakah seseorang disibukkan dengan masalah pribadi, lelah karena kurang tidur, dan lain-lain. Sebaliknya, lihat itu sebagai pengingat bahwa audiens Anda adalah manusia, dan ambil kesempatan untuk terhubung dengan mereka.

Lakukan strategi Anda

presentasi bisnis Lakukan-strategi-Anda

Tidak ada yang lebih menarik daripada seseorang yang membuat slide penuh dengan kata-kata kemudian berdiri dan membacanya. Lanjutkan dengan rencana Anda untuk melibatkan audiens, tidak peduli seberapa gugup atau ragu apa yang Anda rasakan. Mungkin Anda tergoda untuk melakukan apa pun untuk dapat berbicara dengan cepat. Hal ini tentu saja salah karena akan membuat audience kurang memahami  isi dari materi yang Anda sampaikan.

Demikian Kiat merencanakan dan menyampaikan presentasi bisnis, semoga bermanfaat dan membantu Anda dalam mengatasi ketidak percayaan diri ketika presentasi.

Firda Salim
Selain menulis, Firda Salim juga memiliki hobi membaca. Karena menurutnya, membaca dapat memperbanyak pembendaharaan kata. Tidak menyukai keramaian dan aktif bersosial media.