Mengenal Experiential Marketing Lebih Jauh

Artikel ini terakhir di perbaharui December 27, 2020 by Rinaldi Syahran
Mengenal Experiential Marketing Lebih Jauh

Saat ini pemasaran dengan cara tradisional sudah tidak lagi digandrungi. Hal itu disebabkan oleh teknologi yang semakin berkembang, para pemilik usaha yang ingin mengiklankan mereknya cenderung memilih layanan iklan secara online atau media sosial dan juga televisi. Mengingat saat ini sosial media menjadi sesuatu yang sangat populer, menjadikannya sebagai alat untuk pemasaran yang efektif untuk menarik perhatian penggunanya. Mungkin sudah waktunya untuk bisnis Anda mengubah arah dan melihat ke Experiential Marketing, yang berfokus pada menghubungkan konsumen dengan merek, dari pada langsung dengan produk. Jadi sebagai pemilik bisnis Anda harus memikirkan benar bagaimana cara membuat iklan Anda semakin menarik dan mencari wadah yang tepat agar iklan Anda tepat pada sasaran.

Apa itu Experiential Marketing

Apa-itu-Experiential-Marketing

Experiantial Marketing disebut juga Engagement Marketing, adalah strategi pemasaran yang secara langsung melibatkan konsumen dan mendorong mereka untuk berpartisipasi dalam experiential suatu merek.

Dalam pemasaran tradisional, konsumen dianggap sebagai penerima  secara pasif pesan perusahaan. Dalam Experiential Marketing, suatu merek melibatkan konsumen secara langsung dan seringkali menawarkan evolusi dari suatu kampanye periklanan. Ini memungkinkan sebuah bisnis menjalin hubungan dengan konsumen, serta memungkinkan mereka untuk menjadi bagian dari dan melihat proses kampanye dari awal hingga akhir.

Mengapa Experiential Marketing efektif?

Mengapa-Experiential-Marketing-efektif

Experiential Marketing sangat efektif karena Kita adalah makhluk emosional, ketika sebuah merek terhubung dengan orang banyak secara emosional, orang tersebut tidak hanya membelinya, tetapi akan menjadi pelanggan setia. Dengan melibatkan pelanggan Anda dengan iklan, mereka akan merasa terhubung, dan ini adalah perbedaan yang signifikan bagaimana cara mereka melihat merek Anda.

Contohnya saja kampanye #WeighThis LeanCuisine. Wanita diundang untuk ‘menimbang’ tentang sesuatu yang penting tentang diri mereka sendiri, selain berat badan mereka. Tanggapan kemudian dikumpulkan,kemudian dipajang di dinding galeri di Grand Central Terminal. Kemudian mereka membuat video promo yang berbicara kepada wanita tentang apa yang mereka tulis dan mengapa.

Aspek penting dari kampanye Lean Cuisine adalah bahwa tidak ada seorang pun yang menawarkan produk Lean Cuisine. Layar jelas bermerek dengan gagang Twitter perusahaan dan tagar #WeighThis, tapi hanya itu . Lean Cuisine bergantung pada dinding galeri untuk menarik orang masuk dan menciptakan situasi yang interaktif. Ini adalah cara yang sangat baik dalam marketing.

Apa yang harus dihindari?

Apa-yang-harus-dihindari

Experiential marketing dapat menjadi tambang emas jika dimanfaatkan dengan benar dan dapat menjadi ranjau jika tidak. Banyak perusahaan akan mencoba pemasaran berdasarkan pengalaman untuk mengetahui bahwa itu adalah praktik yang bagus dan memiliki keterlibatan yang cukup tinggi, tetapi tanpa penelitian dan persiapan yang tepat, kampanye dapat hancur begitu saja.

Jebakan terbesar dalam Experiential marketing adalah membuatnya terlalu menonjolkan penjualan. Karena audiens tidak ingin seperti berada di posisi penjualan. Perusahaan harus mencoba menciptakan pengalaman yang mewujudkan nilai-nilai, atau untuk sementara pemasaran berdasarkan pengalaman yang  sebagian besar ditujukan untuk membangun sebuah merek.

Dunia periklanan dipastikan bergerak agar fokus pada pemasaran berdasarkan Experiential, perusahaan harus berpikir secara mendalam sebelum meluncurkan Engagement. Apakah ini tepat untuk bisnis Anda? Bisakah Anda meluangkan waktu, tenaga, dan uang untuk melakukannya dengan benar? dan apakah Anda memiliki tujuan yang jelas dalam berpikir tentang memajukan bisnis? Jika demikian, kampanye Experiential marketing dapat menjadikan bisnis Anda sebagai interaksi positif dan basis untuk para penggemar setia produk yang Anda jual.

Firda Salim
Selain menulis, Firda Salim juga memiliki hobi membaca. Karena menurutnya, membaca dapat memperbanyak pembendaharaan kata. Tidak menyukai keramaian dan aktif bersosial media.