7 Jenis Digital Marketing yang Paling Cocok untuk UKM

Artikel ini terakhir di perbaharui September 17, 2020 by Yahya Kus Handoyo
7 Jenis Digital Marketing yang Paling Cocok untuk UKM

Digital Marketing sudah banyak dilakukan banyak bisnis, mulai dari UKM sampai bisnis skala besar untuk melakukan kagiatan pemasaran secara digital. Khusus untuk UKM beberapa jenis digital marketing memiliki kelebihan yang sering menjadi pertimbangan, diantaranya adalah biaya yang jauh lebih murah dibandingkan menggunakan media cetak, radio ataupun TV.

Pertimbangan lainnya adalah kemudahan monitoring, para pelaku UKM dapat selalu mengecek seberapa efektif kegiatan digital marketing yang mereka lakukan untuk mencapai tujuan bisnisnya.

Kalau Anda adalah pelaku UKM dan masih bingung akan menggunakan jenis digital marketing yang cocok untuk bisnis Anda, berikut ini adalah penjelasan dari beberapa jenis digital marketing yang banyak digunakan saat ini.

Content Marketing

Content Marketing

Dengan menggunakan strategi content marketing ini, Anda dapat fokus pada pembuatan dan distribusi konten yang kreatif, konsisten dan relevan. Tujuannya adadalah untuk menarik customer yang menjadi target bisnis Anda.

Sudah banyak bisnis yang menerapkan content marketing ini untuk pemasaran digital mereka, biasanya media yang digunakan adalah video, blog, ebook, podcast dan masih banyak lagi.

Instant Messaging Marketing

Instant Messaging Marketing

Data dari Kominfo tahun 2019 menjelaskan bahwa saaat ini terdapat 171 juta jiwa pengguna aplikasi instant messaging seperti Whatsapp, Line ataupun Facebook Messenger. Inilah yang menjadikan aplikasi ini menjadi sangat efektif dan dapat mencapai target pasar lebih detil dan lebih personal.

Social Media Marketing

Jenis Digital Marketing - Social Media Marketing

Social media marketing saat ini sudah sangat banyak digunakan dengan memanfaatkan media social yang trennya semakin meningkat dari tahun ke tahun. Tidak hanya menarik pembeli, tapi social media marketing sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness dan membangun customer relationship dengan para pelanggan.

Affiliate Marketing

Affiliate Marketing

Fokus Affiliate Marketing adalah berpartner dengan influencer ataupun bisnis lain yang bertujuan untuk mempromosikan bisnis Anda sekarang ini. Tujuannya tidak lain adalah supaya bisnis semakin banyak dikenal orang dan meningkatkan brand awareness.

Anda bisa berkolaborasi dalam bentuk konten di media social ataupun kode diskon yang ditunjukkan saat membeli barang Anda. Dibandingkan jenis digital marketing yang lain, Affiliate Marketing membutuhkan dana yang sedikit lebih besar namun Anda bisa mendapatkan manfaat setara.

Email Marketing

Jenis Digital Marketing - Email Marketing

Bagi sebagian orang, email marketing masih sangat efektif karena pesan marketing seperti info promo ataupun update terbaru dari bisnis Anda akan langsung sampai ke inbox email target pasar Anda.

Ada beberapa strategi khusus yang bisa Anda lakukan supaya email Anda terbaca oleh target dan tidak masuk ke dalam kotak spam. Anda bisa melakukan riset untuk mendapatkan data waktu terbaik untuk mengirimkan email serta selalu melakukan update mailing list bisnis.

Untuk mempermudah, saat ini sudah banyak jasa email marketing yang sangat membantu dalam melakukan marketing ini.

Pay Per Click (PPC)

Pay Per Click (PPC)

Dengan menggunakan iklan PPC, web bisnis Anda akan muncul di halaman pertama mesin pencarian saat mengetikkan kata kunci tertentu yang relevan dengan bisnis Anda. Cara seperti ini membuat Anda mudah meletakkan bisnis Anda di halaman pertama dengan sangat mudah.

Search Engine Optimization (SEO)

Jenis Digital Marketing - Search Engine Optimization (SEO)

SEO sangat penting untuk melakuka optimasi pada website supaya mudah ditemukan di mesin pencari. Lalu perbedaanya dengan PPC apa? PPC adalah iklan berbayar, sementara SEO gratis untuk mendapatkan impression organik.

Halaman 1 sangat penting karena kebanyakan orang saat mengetik kata kunci di mesin pencari kebanyakan akan malas untuk melanjutkan ke halaman 2 dan selanjutnya. Semakin mudah bisnis Anda ditemukan di mesin pencari akan sangat bagus dampaknya untuk bisnis Anda.

Sekarang Anda sudah memahami berbagai jenis digital marketing yang bisa dilakukan untuk Anda pelaku UKM. Anda bisa mulai melakukan eksplorasi untuk menentukan mana jenis digital marketing yang cocok untuk bisnis UKM Anda.

Yoko Widito
Seorang suami, ayah sekaligus petualang yang menghabiskan karir di berbagai media online nasional sebagai penulis yang menguasai berbagai macam niche dan menjadi superhero di dunia digital media.